SILABUS IPA TERAPAN SMK
SILABUS MATA PELAJARAN IPA TERAPAN
Satuan Pendidikan : SMK NEGERI 2 LAHAT
Kelas : X
Kompetensi Inti :
KI 3 : Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
3.1 Memahami konsep besaran fisika dan pengukurannya (ketepatan, ketelitian, dan aturan angka penting)
Besaran Fisika dan Pengukurannya
• Ketepatan
• Ketelitian
• Aturan angka penting Mengamati
• Daftar (tabel) nama besaran, alat ukur, cara mengukur, dan satuan yang digunakan secara individu, termasuk yang berlaku di daerah setempat (misalnya: untuk ukuran massa: mayam di Sumatera Utara, untuk ukuran panjang: tumbak di Jawa Barat).
• Beberapa alat ukur panjang, massa dan waktu yang ada di sekitar (contoh : mistar milimeter, jangka sorong, mikrometer, timbangan/neraca lengan/neraca pegas, dan stopwatch) dan menemukan cara bagaimana alat tersebut bekerja/digunakan
Menanya
• Mengajukan pertanyaan cara menggunakan alat ukur, cara membaca skala, dan cara menuliskan hasil pengukuran
• Mengajukan pertanyaan aspek ketelitian, ketepatan, dan alat dalam mengukur
Eksperimen/eksplorasi
• Melakukan studi pustaka mengenai konsep besaran fisika dan pengukurannya (ketepatan, ketelitian, dan aturan angka penting).
• Mengukur masa jenis benda yang digunakan di bidang pariwisata (pengukuran dilakukan satu kali) dengan menggunakan: buah atau sayuran atau serealia/ kain/bahan kosmetik/penghapus (dilakukan berulang dengan ukuran beda dan jenis yang sama) secara berkelompok dengan menggunakan mistar milimeter, jangka sorong/ mikrometer, timbangan/neraca lengan/neraca pegas, dan stopwatch.
Asosiasi
• Mengolah data hasil pengukuran berulang dalam bentuk penyajian data, membuat grafik, menginterpretasikan data dan grafik, dan menghitung kesalahan, serta menyimpulkan hasil interpretasi data
Komunikasi
• Membuat laporan tertulis mengenai konsep besaran fisika dan pengukurannya (ketepatan, ketelitian, dan aturan angka penting)
Observasi
Lembar pengamatan sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/eksperimen, mengasosiasi,mengkomunikasikan)
Portofolio
Laporan tertulis kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi
Tes
• Tes tertulis mengenai penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur
• Tes unjuk kerja 3 x 2 JP
• Alat ukur panjang, massa dan waktu yang ada di sekitar
• Referensi / bahan ajar Terkait
• e-dukasi.net
4.1 Mengukur benda terkait dengan besaran fisika dengan menggunakan alat ukur dibidang pariwisata
3.2 Menganalisis konsep energi, usaha, gaya, hubungan usaha dan perubahan energi, dan hukum kekekalan energi untuk menyelesaikan permasalahan gerak di bidang pariwisata
Usaha dan energi
• gaya
• hubungan usaha
• perubahan energi
• hukum kekekalan energi
Mengamati
• Membaca/mempelajari usaha positif, usaha negatif dan usaha nol, energi kinetik dan energi potensial
Menanya
• Mengajukan pertanyaan tentang energi kinetik dan energi potensial (energi potensial gravitasi dan pegas)
• Mengajukan pertanyaan hubungan usaha dengan perubahan energi kinetik dan energi potensial
• Mengajukan pertanyaan rumusan bentuk hukum kekekalan energi mekanik
Eksperimen/Eksplorasi
• Eksplorasi penerapan hukum kekekalan energi mekanik di bidang pariwisata
• Melakukan studi pustaka mengenai energi, usaha, gaya, hubungan usaha dan perubahan energi, dan hukum kekekalan energi
Asosiasi
• Mengelompokan bentuk hukum kekekalan energi mekanik pada berbagai gerak (gerak parabola, gerak pada bidang lingkaran, dan gerak satelit/planet dalam tata surya
Komunikasi
• Menyusun laporan dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok
Observasi
Lembar pengamatan sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/ eksperimen, mengasosiasi,
mengkomunikasikan)
Portofolio
Laporan tertulis kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi
Tes
• Tes tertulis mengenai penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur
• Tes unjuk kerja 3 x 2 JP
• Bahan untuk melakukan praktek
• Alat untuk melakukan percobaan
• Referensi yang terkait
• e-dukasi.net
4.2 Mengidentifikasi berbagai konsep energy, usaha, gaya, hubungan usaha,perubahan energy dan hukum kekekalan energy
3.3 Mendeskripsikan kekuatan bahan, tegangan permukaan , dan elastisitas di bidang pariwisata
Kekuatan bahan, tegangan permukaan , dan elastisitas Mengamati
• Peragaan benda elastis dan benda plastis
• Peragaan dengan menunjukkan bahan yang kotor kemudian direndam dalam larutan sabun beberapa saat, selanjutnya mengamati perubahan yang terjadi pada air rendamannya
• Membaca/mempelajari Kekuatan bahan, tegangan permukaan , dan elastisitas
Menanya
• Mengajukan pertanyaan mengenai kekuatan bahan, tegangan permukaan , dan sifat elastisitas bahan
Eksperimen/Eksplorasi
• Melakukan kajian pustaka mengenai kekuatan bahan, tegangan permukaan , dan elastisitas
• Melakukan praktik produktif untuk menyelidiki peristiwa kekuatan bahan, tegangan permukaan , dan elastisitas
Asosiasi :
• Melaporkan data percobaan dan membandingkan hasil percobaan dengan referensi
• Diskusi kelompok membahas hasil percobaan
• Membuat laporan praktik
Komunikasi
• Mempresentasikan hasil percobaan yang sudah dilakukan.
Observasi
Lembar pengamatan sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/ eksperimen, mengasosiasi,
mengkomunikasikan)
Portofolio
Laporan tertulis kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi
Tes
• Tes tertulis mengenai penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur
• Tes unjuk kerja 3 x 2 JP
• Benda elastik
• Benda plastis
• Bahan praktik produktif yang terkait
• Referensi yang terkait
• Alat untuk percobaan
• e-dukasi.net
4.3 Melakukan praktik produktif untuk mengevaluasi peristiwa kekuatan bahan, tegangan permukaan , dan elastisitas di bidang pariwisata
3.4 Menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan kalor di bidang pariwisata
Suhu, Kalor dan Perpindahan Kalor
Mengamati
• kondisi lingkungan sekitar yang berkaitan dengan kalor dan perpindahan kalor.
• Membaca/mempelajari mengenai Suhu, Kalor dan Perpindahan Kalor
Menanya
• Mengajukan pertanyaan pengaruh kalor terhadap suhu, wujud, dan ukuran benda
• Mengajukan pertanyaan azas Black dan perpindahan kalor
Eksperimen/eksplorasi
• Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi mengenai pengaruh kalor terhadap perubahan suhu benda, pengaruh perubahan suhu benda terhadap ukuran benda (pemuaian), dan perpindahan kalor secara konduksi, konveksi dan radiasi
• Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan perubahan wujud benda
Asosiasi
• Mengolah, menyajikan, menginterpretasikan dan menyimpulkan data proses perambatan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi di bidang pariwisata
Komunikasi
• Melaporkan hasil percobaan / eksperimen
Observasi
Lembar pengamatan sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/
eksperimen, mengasosiasi,mengkomunikasikan)
Portofolio
Laporan tertulis kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi
Tes
• Tes tertulis mengenai penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur
• Tes unjuk kerja 3 x 2 JP
• Bahan untuk percobaan suhu, kalor dan perpindahan kalor
• Alat untuk percobaan suhu, kalor dan perpindahan kalor
• Referensi yang terkait
• e-dukasi.net
4.4 Mengevaluasi proses perambatan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi di bidang pariwisata
3.5 Menganalisis pengaruh suhu dan pemuaian di bidang pariwisata Suhu, Kalor dan Perpindahan Kalor
Mengamati
• Mengamati Peragaan tentang:
pengaruh suhu dan perubahan wujud benda, conntoh ;
- Simulasi pemuaian besi
- Pemanasan es menjadi air
- Konduktivitas logam (almunium, besi, tembaga, dan timah)
Menanya
• Mengajukan pertanyaan pengaruh suhu terhadap perubahan wujud, dan ukuran benda
Eksperimen/eksplorasi
• Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi mengenai pengaruh suhu terhadap perubahan wujud benda, pengaruh perubahan suhu benda terhadap ukuran benda (pemuaian).
• Melakukan percobaan untuk menyelidiki perubahan suhu terhadap perubahan wujud benda
Asosiasi
• Mengolah, menyajikan, menginterpretasikan dan menyimpulkan data proses perubahan suhu dan pengaruhnya terhadap perubahan wujud benda di bidang pariwisata
Komunikasi
• Mempresentasikan hasil percobaan/eksperimen
Observasi
Lembar pengamatan sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/
eksperimen, mengasosiasi,mengkomunikasikan)
Portofolio
Laporan tertulis kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi
Tes
• Tes tertulis mengenai penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur
• Tes unjuk kerja 3 x 2 JP
• Bahan untuk percobaan suhu, kalor dan perpindahan kalor
• Alat untuk percobaan suhu, kalor dan perpindahan kalor
• Referensi yang terkait
• e-dukasi.net
4.5 Mengevaluasi pengaruh suhu terhadap perubahan wujud benda
3.6 Menganalisis jenis, sifat-sifat, dan contoh perubahan materi di bidang pariwisata Perubahan Materi Mengamati
Mengamati jenis, sifat-sifat, dan contoh perubahan materi di bidang pariwisata, contoh :
• Kapur barus diletakkan dalam wadah kemudian diletakkan di atas kaki tiga dan kasa selanjutnya dipanaskan diatas lampu spiritus
• Es batu dipanaskan
• Air sirup dalam kantong plastik kecil kemudian dimasukkan dalam pecahan es batu dan garam kemudian digoyang-goyangkan
• Atau perubahan materi lainnya di bidang pariwisata
Menanya :
• Mengajukan pertanyaan penyebab perubahan materi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Eksperimen/Eksplorasi
• Melakukan studi pustaka mengenai jenis, sifat-sifat, dan contoh perubahan materi di bidang pariwisata
• Melakukan percobaan perubahan materi di bidang pariwisata
Asosiasi
Mengolah, menyajikan, menginterpretasikan dan menyimpulkan data mengenai jenis, sifat-sifat, dan contoh perubahan materi di bidang pariwisata
Komunikasi
• Mempresentasikan hasil eksperimen
Observasi
Lembar pengamatan sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/
eksperimen, mengasosiasi,mengkomunikasikan)
Portofolio
Laporan tertulis kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi
Tes
• Tes tertulis mengenai penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur
• Tes unjuk kerja 3 x 2 JP
• Bahan percobaan untuk perubahan materi
• Alat untuk percobaan perubahan materi
• Referensi yang terkait
• e-dukasi.net
4.6 Mengevaluasi perubahan materi di bidang pariwisata
3.7 Mendeskripsikan jenis dan sifat dari berbagai wujud zat dan peranannya dibidang pariwisata
Wujud zat
• Jenis dan sifat
• Peranan zat Mengamati :
• Membaca/mempelajari jenis dan sifat dari berbagai wujud zat
• Dilingkungan sekitar mengenai jenis dan sifat dari berbagai wujud zat dan peranannya dibidang pariwisata
Menanya :
• Mengajukan pertanyaan perubahan zat berdasarkan sifat dan wujudnya.
Eksperimen /Eksplorasi :
• Melakukan kajian pustaka mengenai perubahan sifat dan wujudnya.
• Melakukan praktek produktif untuk mengetahui perubahan zat berdasarkan sifat dan wujudnya.
Asosiasi :
• Mengolah, menyajikan, menginterpretasikan dan menyimpulkan data mengenai perubahan zat berdasarkan sifat dan wujudnya.
Komunikasi :
• Melaporkan dan mempresentasikan hasil percobaan
Observasi
Lembar pengamatan sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/eksperimen, mengasosiasi,mengkomunikasikan)
Portofolio
Laporan tertulis kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi
Tes
• Tes tertulis mengenai penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur
• Tes unjuk kerja 2 x 2 JP
• Beberapa jenis zat tertentu (padat dan cair)
• Referensi terkait
4.7 Mengidentifikasi jenis dan sifat zat berdasarkan wujud dan peranannya dibidang pariwisata
SEMESTER 2 (DUA)
3.8 Memahami jenis, karakteristik, lambang dan contoh unsur, senyawa dan campuran di bidang pariwisata
Unsur, senyawa dan campuran
Mengamati
• Membaca/mempelajari karakteristik, lambang dan contoh unsur, senyawa dan campuran
• Perbedaan antara unsur, senyawa dan campuran di bidang pariwisata (contoh: dengan menunjukkan gula, garam, air, seng, aluminium, sari buah atau unsur/ senyawa/campuran lainnya )
Menanya
• Mengajukan pertanyaan perbedaan antara unsur, senyawa dan campuran
Eksperimen/Eksplorasi
• Melakukan kajian pustaka mengenai jenis, karakteristik, lambang dan contoh unsur, senyawa dan campuran di bidang pariwisata
• Melakukan praktik produktif untuk membedakan senyawa dan campuran di bidang pariwisata
Asosiasi
• Mengolah, menyajikan, menginterpretasikan dan menyimpulkan data mengenai karakteristik, lambang dan contoh unsur, senyawa dan campuran di bidang pariwi
Komunikasi
• Mempresentasikan hasil percobaan /eksperimen
Observasi
Lembar pengamatan sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/
eksperimen, mengasosiasi,mengkomunikasikan)
Portofolio
Laporan tertulis kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi
Tes
• Tes tertulis mengenai penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur
• Tes unjuk kerja 2 x 2 JP • Bahan praktik untuk unsur, senyawa dan campuran
• Alat praktik untuk mendukung unsur,senyawa dan campuran.
• Referensi yang terkait
• e-dukasi.net
4.8 Membedakan senyawa dan campuran melalui praktek produktif di bidang pariwisata
3.9 Memahami ikatan ion dan kovalen di bidang pariwisata
Ikatan ion dan kovalen
• Sifat ikatan ion
• Sifat ikatan kovalen
Mengamati
• membaca/mempelajari ikatan ion dan kovalen
• Daftar (tabel) ikatan ion, ikatan kovalen dan sifat-sifatnya
• Mengamati beberapa contoh ikatan ion dan kovalen sesuai bidang pariwisata.
Menanya
• Mengajukan pertanyaan sifat-sifat ikatan ion dan kovalen dalam bidang pariwisata.
• Mengajukan pertanyaan contoh-contoh ikatan ion dan kovalen dalam bidang pariwisata.
• Mendiskusikan mengenai sifat-sifat ikatan ion dan kovalen dalam bidang pariwisata.
Eksperimen / eksplorasi :
• Mendiskusikan mengenai sifat-sifat ikatan ion dan kovalen dalam bidang pariwisata.
Asosiasi
• Mengolah, menyajikan, menginterpretasikan dan menyimpulkan data mengenai ikatan ion dan kovalen
Komunikasi
• Mempresentasikan hasil diskusi
Observasi
Lembar pengamatan sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/
eksperimen, mengasosiasi,mengkomunikasikan)
Portofolio
Laporan tertulis kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi
Tes
• Tes tertulis mengenai penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur
• Tes unjuk kerja 2 x 2 JP • Referensi yang terkait
• e-dukasi.net
4.9 Mengklasifikasikan ikatan ion dan kovalen di bidang pariwisata
3.10 Menganalisis larutan, kelarutan dan satuan konsentrasi serta contohnya di bidang pariwisata
Larutan dan satuan konsentrasi Mengamati
• Proses kelarutan bahan berdasarkan perbedaaan suhu, konsentrasi, jenis bahan pelarut di bidang pariwisata
Menanya
• Mengajukan pertanyaan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi larutan dan kelarutan bahan
• Mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi Kelarutan
Eksperimen/Eksplorasi
• Eksplorasi untuk menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi larutan dan kelarutan bahan
• Melakukan praktik proses kelarutan bahan berdasarkan perbedaaan suhu, konsentrasi, jenis bahan pelarut di bidang pariwisata
Mengasosiasi
• Mengolah, menyajikan, menginterpretasikan dan menyimpulkan data mengenai larutan, kelarutan dan satuan konsentrasi
Mengkomunikasikan
• Mempresentasikan hasil diskusi/percobaan.
Observasi
Lembar pengamatan sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/
eksperimen, mengasosiasi,mengkomunikasikan)
Portofolio
Laporan tertulis kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi
Tes
• Tes tertulis mengenai penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur
• Tes unjuk kerja 3 x 2 JP • Bahan praktek larutan
• Alat praktek larutan
• Referensi yang terkait
• e-dukasi.net
4.10 Membuat larutan dengan berbagai konsentrasi di bidang pariwisata
3.11 Menganalisis asam, basa dan garam terkait dengan pengertian, sifat-sifat, jenis dan contohnya di bidang pariwisata
Asam, Basa dan Garam Mengamati
• Berbagai benda-benda di sekitarnya yang mewakili kelompok asam, basa dan garam
Menanya
• Mengajukan pertanyaan sifat-sifat asam, basa dan garam
•
Eksperimen/eksplorasi
• Melakukan studi pustaka mengenai sifat asam, basa dan garam.
• Mendiskusikan mengenai sifat-sifat asam, basa dan garam.
• Melakukan percobaan untuk membedakan asam, basa dan garam berdasarkan sifat-sifatnya di bidang pariwisata
Asosiasi
• Mengolah, menyajikan, menginterpretasikan dan menyimpulkan data hasil eksperimen
Komunikasi
• Mempresentasikan hasil diskusi /eksperimen
Observasi
Lembar pengamatan sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/
eksperimen, mengasosiasi,mengkomunikasikan)
Portofolio
Laporan tertulis kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi
Tes
• Tes tertulis mengenai penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur
• Tes unjuk kerja 3 x 2 JP
• Bahan praktek asam, basa dan garam
• Alat praktek untuk percobaan asam, basa dan garam
• Referensi yang terkait
• e-dukasi.net
4.11 Mengidentifikasi sifat asam, basa dan garam pada bahan-bahan yang digunakan di bidang pariwisata
3.12 Memahami struktur penyusun dan komponen sel Struktur dan komponen sel :
• sel hidup
• sel mati Mengamati
• Mengamati video/gambar mengenai komponen-komponen penyusun sel serta membandingkan dengan menggunakan referensi
Menanya
• Mengajukan pertanyaan mengenai sifat, struktur penyusun dan komposisi sel
Esperimen /Eksplorasi
• Melakukan kajian pustaka mengenai struktur penyusun dan komponen sel
• Membedakan sel berdasarkan sifat, struktur penyusun dan komposisi dengan menggunakan referensi
Asosiasi
• Mengolah, menyajikan, menginterpretasikan dan menyimpulkan data hasil eksperimen
Komunikasi
• Mempresentasikannya hasil diskusi/eksperimen Observasi
Lembar pengamatan sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/
eksperimen, mengasosiasi,mengkomunikasikan)
Portofolio
Laporan tertulis kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi
Tes
• Tes tertulis mengenai penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur
• Tes unjuk kerja 3 x 2 JP • Referensi yang terkait
• e-dukasi.net
4.12 Mengidentifikasi berbagai jenis sel hidup dan mati berdasarkan struktur dan komponen sel.
3.13 Memahami jenis, fungsi, cara kerja enzyme dan hormone
Enzim dan hormon
Mengamati
• Membaca/mempelajari jenis, fungsi, cara kerja enzyme dan hormone.
• Berbagai peristiwa sifat, fungsi dan cara kerja enzim dan hormon
Menanya
• Mengajukan pertanyaan perbedaan antara jenis, fungsi dan cara kerja enzim dan hormon
Esperimen /Eksplorasi
• Melakukan kajian pustaka mengenai jenis, fungsi, cara kerja enzyme dan hormone
• Melakukan percobaan cara kerja enzim secara sederhana
Asosiasi
• Mengolah, menyajikan, menginterpretasikan dan menyimpulkan data mengenai jenis, fungsi, cara kerja enzyme dan hormone
Komunikasi
• Mempresentasikan hasil eksperimen. Observasi
Lembar pengamatan sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/eksperimen, mengasosiasi,mengkomunikasikan)
Portofolio
Laporan tertulis kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi
Tes
• Tes tertulis mengenai penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur
• Tes unjuk kerja 3 x 2 JP
• Bahan praktek untuk enzim dan hormone
• Alat praktek untuk
• Referensi yang terkait
• e-dukasi.net
4.13 Mengidentifikasi kerja enzim dan hormone dibidang pariwisata
3.14 Menerapkan konsep difusi dan osmosis di bidang pariwisata
Difusi dan Osmosis
Mengamati
• Membaca/mempelajari konsep difusi dan osmosis
• Berbagai peristiwa difusi dan osmosis dibidang pariwisata
Menanya
• Mengajukan pertanyaan perbedaan difusi dan osmosis dibidang pariwisata
Esperimen /Eksplorasi
• Melakukan kajian pustaka mengenai konsep difusi dan osmosis di bidang pariwisata
• Melakukan percobaan difusi dan osmosis dibidang pariwisata.
Asosiasi
• Mengolah, menyajikan, menginterpretasikan dan menyimpulkan data mengenai difusi dan osmosis
Komunikasi
• Mempresentasikan hasil diskusi/eksperimen Observasi
Lembar pengamatan sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/eksperimen, mengasosiasi,mengkomunikasikan)
Portofolio
Laporan tertulis kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi
Tes
• Tes tertulis mengenai penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur
• Tes unjuk kerja 2 x 2 JP
• Bahan praktek difusi dan osmosis
• Alat praktek difusi dan osmosis
• Referensi yang terkait
• e-dukasi.net
4.14 Mengevaluasi peristiwa difusi dan osmosis di bidang pariwisata
SILABUS MATA PELAJARAN IPA TERAPAN
Satuan Pendidikan : SMK NEGERI 2 LAHAT
Kelas : XI
Kompetensi Inti :
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif dan mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
3.1 Mendiskripsikan sifat-sifat dan manfaat karbohidrat di bidang pariwisata
Karbohidrat
• Sifat-sifat karbohidrat
• Manfaat karbohidrat Mengamati
• Bahan makanan yang mengandung karbohidrat
• Mengamati perubahan sifat karbohidrat melalui perlakuan
Menanya
• Mengajukan pertanyaan tentang sifat dan manfaat karbohidrat
• Mengajukan pertanyaan tentang sifat-sifat dan manfaat karbohidrat
Eksperimen/eksplorasi
• Melakukan kajian pustaka mengenai sifat-sifat dan manfaat karbohidrat.
• Melakukan percobaan untuk membuktikan sifat-sifat karbohidrat dengan berbagai perlakuan sederhana
Asosiasi
• Mengolah, menyajikan, menginterpretasikan dan menyimpulkan mengenai sifat-sifat dan manfaat karbohidrat
• Mendiskusikan mengenai sifat-sifat dan manfaat karbohidrat
Komunikasi
• Mempresentasikan hasil diskusi/eksperimen
Observasi
Lembar pengamatan sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya, mengeksplorasi/
eksperimen, mengasosiasi,mengkomunikasikan)
Portofolio
Laporan tertulis kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi
Tes
• Tes tertulis mengenai penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur
• Tes unjuk kerja 2 x 2 JP
• Bahan untuk menguji sifat karbohidrat
• Alat untuk melakukan percobaan
• Referensi yang terkait
4.1 Melakukan percobaan yang berhubungan dengan sifat-sifat karbohidrat di bidang pariwisata
3.2 Mendiskripsikan sifat-sifat dan manfaat lemak di bidang pariwisata Lemak
• Sifat-sifat lemak
• Manfaat lemak
Mengamati
• Membaca/mempelajari mengenai sifat-sifat dan manfaat lemak
• Di lingkungan sekitar kaitannya dengan sifat-sifat lemak dan manfaatnya.
• Mengamati perubahan sifat lemak melalui perlakuan
Menanya
• Mengajukan pertanyaan tentang manfaat lemak
• Mengajukan pertanyaan tentang sifat-sifat lemak
Eksperimen/eksplorasi
• Melakukan kajian pustaka mengenai sifat dan manfaat lemak
• Melakukan percobaan untuk membuktikan sifat-sifat lemak dengan berbagai perlakuan sederhana
Asosiasi
• Mengolah data, menginterpretasikan, menyajikan data hasil percobaan lemak
• Mendiskusikan materi mengenai sifat-sifat dan manfaat lemak
Komunikasi
• Mempresentasikan hasil diskusi/percobaan/
eksperimen.
Observasi
Lembar pengamatan sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya, mengeksplorasi/
eksperimen, mengasosiasi,mengkomunikasikan)
Portofolio
Laporan tertulis kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi
Tes
• Tes tertulis mengenai penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur
• Tes unjuk kerja 3 x 2 JP Sumber:
• Bahan-bahan di bidang pariwisata yang mengandung lemak
• Bahan untuk menguji sifat lemak
• Referensi yang terkait
• Alat untuk melakukan percobaan
4.2 Melakukan percobaan yang berhubungan dengan sifat-sifat lemak di bidang pariwisata
3.3 Mendiskripsikan sifat-sifat dan manfaat protein di bidang pariwisata
Protein
• Sifat-sifat protein
• Manfaat protein
Mengamati
• Membaca/mempelajari mengenai sifat-sifat dan manfaat protein.
• Di lingkungan sekitar mengenai protein, cermati sifat serta manfaatnya.
• Mengamati perubahan sifat protein melalui perlakuan
Menanya
• Mengajukan pertanyaan tentang manfaat protein
• Mengajukan pertanyaan tentang sifat-sifat protein
Eksperimen/eksplorasi
• Melakukan kajian pustaka mengenai sifat dan manfaat protein
• Melakukan percobaan untuk membuktikan sifat-sifat protein dengan berbagai perlakuan sederhana
Asosiasi
• Mengolah data, menginterpretasikan, menyajikan data hasil percobaan protein
• Mendiskusikan materi mengenai sifat-sifat dan manfaat protein
Komunikasi
• Mempresentasikan hasil diskusi/percobaan.
Observasi
Lembar pengamatan sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya, mengeksplorasi/
eksperimen, mengasosiasi,mengkomunikasikan)
Portofolio
Laporan tertulis kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi
Tes
• Tes tertulis mengenai penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur
• Tes unjuk kerja 3 x 2 JP Sumber:
• Bahan-bahan di bidang pariwisata yang mengandung protein
• Bahan untuk menguji sifat protein
• Alat untuk melakukan percobaan
• Referensi yang terkait
4.3 Melakukan percobaan yang berhubungan dengan sifat-sifat protein di bidang pariwisata
3.4 Mendiskripsikan sifat-sifat dan manfaat air di bidang pariwisata
Air
• Sifat-sifat air
• Manfaat air
Mengamati
• Membaca/mempelajari mengenai sifat-sifat dan manfaat air
• Di lingkungan sekitar mengenai air , cermati mengenai sifat dan manfaat dari air tersebut.
• Mengamati perubahan sifat air melalui perlakuan
Menanya
• Mengajukan pertanyaan tentang manfaat air
• Mengajukan pertanyaan tentang sifat-sifat air
Eksperimen/eksplorasi
• Melakukan kajian pustaka mengenai sifat dan manfaat air.
• Melakukan percobaan untuk membuktikan sifat-sifat air dengan berbagai perlakuan sederhana
Asosiasi
• Mengolah data, menginterpretasikan, menyajikan data hasil percobaan air
• Mendiskusikan materi sifat-sifat dan manfaat air
Komunikasi
• Membuat laporan tertulis dan mempresentasikannya
Observasi
Lembar pengamatan sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya, mengeksplorasi/
eksperimen, mengasosiasi,mengkomunikasikan)
Portofolio
Laporan tertulis kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi
Tes
• Tes tertulis mengenai penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur
• Tes unjuk kerja 3 x 2 JP Sumber:
• Bahan-bahan di bidang pariwisata yang mengandung air
• Bahan untuk menguji sifat air
• Alat untuk melakukan percobaan
• Referensi yang terkait
4.4 Melakukan percobaan yang berhubungan dengan sifat-sifat air di bidang pariwisata
3.5 Mendiskripsikan sifat-sifat dan manfaat vitamin di bidang pariwisata Vitamin
• Sifat-sifat vitamin
• Manfaat vitamin
Mengamati
• Berbagai sumber vitamin yang ada di lingkungan sekitar
• Mengamati perubahan sifat vitamin melalui perlakuan
Menanya
• Mengajukan pertanyaan tentang manfaat vitamin
• Mengajukan pertanyaan tentang sifat-sifat vitamin
Eksperimen/eksplorasi
• Melakukan kajian pustaka mengenai sifat da manfaat vitamin.
• Melakukan percobaan untuk membuktikan sifat-sifat vitamin dengan berbagai perlakuan sederhana
Asosiasi
• Mengolah data, menginterpretasikan, menyajikan data hasil percobaan vitamin
• Mendiskusikan materi mengenai sifat-sifat dan manfaat vitamin
Komunikasi
• Mempresentasikannya hasil diskusi/percobaan/
eksperimen.
Observasi
Lembar pengamatan sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya, mengeksplorasi/
eksperimen, mengasosiasi,mengkomunikasikan)
Portofolio
Laporan tertulis kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi
Tes
• Tes tertulis mengenai penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur
• Tes unjuk kerja 3 x 2 JP Sumber:
• Bahan-bahan di bidang pariwisata yang mengandung vitamin
• Bahan untuk menguji sifat vitamin
• Alat untuk melakukan percobaan
• Referensi yang terkait
4.5 Melakukan percobaan yang berhubungan dengan sifat-sifat vitamin di bidang pariwisata
3.6 Mendiskripsikan sifat-sifat dan manfaat mineral di bidang pariwisata
Mineral
• Sifat-sifat mineral
• Manfaat mineral
Mengamati
• Berbagai sumber-sumber mineral yang ada di lingkungan sekitar
• Mengamati perubahan sifat mineral melalui perlakuan
Menanya
• Mengajukan pertanyaan tentang manfaat mineral
• Mengajukan pertanyaan tentang sifat-sifat mineral
Eksperimen/eksplorasi
• Melakukan kajian pustaka mengenai sifat dan manfaat mineral
• Melakukan percobaan untuk membuktikan sifat-sifat mineral dengan berbagai perlakuan sederhana
Asosiasi
• Mengolah data, menginterpretasikan, menyajikan data hasil percobaan sifat-sifat dan manfaat mineral
• Mendiskusikan sifat-sifat dan manfaat mineral
Komunikasi
• Mempresentasikan hasil diskusi/percobaan
Observasi
Lembar pengamatan sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya, mengeksplorasi/
eksperimen, mengasosiasi,mengkomunikasikan)
Portofolio
Laporan tertulis kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi
Tes
• Tes tertulis mengenai penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur
• Tes unjuk kerja 3 x 2 JP Sumber:
• Bahan-bahan di bidang pariwisata yang mengandung mineral
• Reagen atau bahan untuk menguji sifat mineral
• Referensi yang terkait
• Alat untuk melakukan percobaan
4.6 Melakukan percobaan yang berhubungan dengan sifat-sifat mineral di bidang pariwisata
3.7 Menjelaskan karakteristik besaran dan contoh listrik statis dan dinamis Listrik
• Listrik statis
• Listrik dinamis
Mengamati
• Membaca/mempelajari mengenai karakteristik besaran dan contoh listrik statis dan dinamis
• Di lingkungan sekitar mengenai sumber listrik
• Mengamati perbedaan listrik statis dan dinamis berdasarkan referensi
Menanya
• Mengajukan pertanyaan tentang listrik statis
• Mengajukan pertanyaan tentang listrik dinamis
Eksperimen/eksplorasi
• Melakukan kajian pustaka mengenai karakteristik besaran dan contoh listrik statis dan dinamis
• Melakukan percobaan untuk membedakan listrik statis dan dinamis
Asosiasi
• Mengolah data, menginterpretasikan, menyajikan data hasil percobaan listrik statis dan dinamis
• Mendiskusikan hasil diskusi/percobaan.
Komunikasi
• Mempresentasikan hasil diskusi/percobaan
Observasi
Lembar pengamatan sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya, mengeksplorasi/
eksperimen, mengasosiasi,mengkomunikasikan)
Portofolio
Laporan tertulis kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi
Tes
• Tes tertulis mengenai penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur
• Tes unjuk kerja 3 x 2 JP Sumber:
• Referensi yang terkait
• Alat untuk melakukan percobaan
4.7 Melakukan percobaan untuk melihat karakteristik, besaran dan contoh listrik statis
3.8 Mendiskripsikan reaksi kimia dan faktor yang mempengaruhi kecepatan reaksi di bidang pariwisata
Kecepatan reaksi
Mengamati
• Mengamati perubahan reaksi pada bahan-bahan dibidang pariwisata melalui berbagai perlakuan yang dapat mempengaruhi kecepatan reaksi
Menanya
• Mengajukan pertanyaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan reaksi
Eksperimen/eksplorasi
• Melakukan kajian pustaka mengenai reaksi kimia dan faktor yang mempengaruhi kecepatan reaksi di bidang pariwisata
• Melakukan percobaan untuk membuktikan factor-faktor yang atan reaksi mempengaruhi kece dengan berbagai perlakuan sederhana
Asosiasi
• Mengolah data, menginterpretasikan, menyajikan data hasil percobaan kecepatan reaksi
• Mendiskusikan materi mengenai reaksi kimia dan faktor yang mempengaruhi kecepatan reaksi
Komunikasi
• Mempresentasikan hasil diskusi/percobaan
Observasi
Lembar pengamatan sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya, mengeksplorasi/
eksperimen, mengasosiasi,mengkomunikasikan)
Portofolio
Laporan tertulis kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi
Tes
• Tes tertulis mengenai penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur
• Tes unjuk kerja 3 x 2 JP Sumber:
• Bahan-bahan di bidang pariwisata yang dapat mempengaruhi kecepatan reaksi
• Referensi yang terkait
• Alat untuk melakukan percobaan
4.8 Melakukan percobaan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan reaksi di bidang pariwisata
3.9 Mendiskripsikan pengertian, sifat-sifat, jenis reaksi oksidasi dan reduksi di bidang pariwisata Redoks
• Reaksi oksidasi
• Reaksi reduksi
Mengamati
• Di lingkungan sekitar yang berkaitan dengan reaksi oksidasi dan reduksi.
• Mencermati ciri-ciri reaksi oksidasi dan reduksi berdasarkan referensi.
Menanya
• Mengajukan pertanyaan tentang reaksi oksidasi
• Mengajukan pertanyaan tentang reaksi reduksi
Eksperimen/eksplorasi
• Melakukan kajian pustaka mengenai reaksi oksidasi dan reduksi.
• Membedakan antara reaksi oksidasi dan reduksi berdasarkan referensi sederhana
Asosiasi
• Mengolah data, menginterpretasikan, menyajikan data hasil diskusi tentang perbedaan reaksi oksidasi dan reduksi
• Mendiskusikan materi mengenai pengertian, sifat-sifat, jenis reaksi oksidasi dan reduksi
Komunikasi
• Mempresentasikan hasil diskusi/percobaan.
Observasi
Lembar pengamatan sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya, mengeksplorasi/
eksperimen, mengasosiasi,mengkomunikasikan)
Portofolio
Laporan tertulis kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi
Tes
• Tes tertulis mengenai penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur
• Tes unjuk kerja 3 x 2 JP Sumber:
• Lembar kerja
• Referensi yang terkait
4.9 Menyajikan data perbedaan antara reaksi oksidasi dan reduksi di bidang pariwisata
3.10 Mendiskripsikan sistem koloid, emulsi, dan suspensi di bidang pariwisata.
Sistem koloid, emulsi, dan suspensi Mengamati
• Perbedaan antara sistem koloid , emulsi, dan suspensi melalui kajian referensi
• Berbagai contoh bahan untuk perbedaan antara sistem koloid , emulsi, dan suspensi .
Menanya
• Mengajukan pertanyaan tentang sistem koloid
• Mengajukan pertanyaan tentang sistem emulsi
• Mengajukan pertanyaan tentang suspensi
Eksperimen/eksplorasi
• Melakukan kajian pustaka mengenai sistem koloid, emulsi, dan suspensi di bidang pariwisata
• Melakukan percobaan sederhana untuk membedakan sistem koloid, emulsi, suspensi
Asosiasi
• Mengolah data, menginterpretasikan, menyajikan data hasil percobaan sistem koloid, emulsi
• Mendiskusikan materi mengenai sistem koloid, emulsi, dan suspensi
Komunikasi
• Mempresentasikan hasil diskusi percobaan.
Observasi
Lembar pengamatan sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya, mengeksplorasi/
eksperimen, mengasosiasi,mengkomunikasikan)
Portofolio
Laporan tertulis kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi
Tes
• Tes tertulis mengenai penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur
• Tes unjuk kerja 3 x 2 JP Sumber:
• Bahan-bahan koloid, emulsi, suspensi di bidang pariwisata
• Alat untuk melakukan percobaan
• Referensi yang terkait
4.10 Melakukan percobaan untuk membuktikan sistem koloid, emulsi, dan suspensi di bidang pariwisata
3.11 Mendiskripsikan tentang senyawa organik di bidang pariwisata Senyawa organik
Mengamati
• Mengamati perubahan sifat senyawa organik melalui perlakuan
Menanya
• Mengajukan pertanyaan tentang senyawa organik
Eksperimen/explorasi
• Melakukan percobaan untuk membuktikan sifat-sifat senyawa organik dengan berbagai perlakuan sederhana
Asosiasi
• Mengolah data, menginterpretasikan, menyajikan data hasil percobaan senyawa organik
• Mendiskusikan materi sifat-sifat senyawa organik
Komunikasi
• Mempresentasikan hasil diskusi/percobaan
Observasi
Lembar pengamatan sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya, mengeksplorasi/
eksperimen, mengasosiasi,mengkomunikasikan)
Portofolio
Laporan tertulis kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi
Tes
• Tes tertulis mengenai penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur
• Tes unjuk kerja 3 x 2 JP Sumber:
• Bahan-bahan senyawa organik di bidang pariwisata
• Alat untuk melakukan percobaan
• Referensi yang terkait
4.11 Menyajikan data sifat-sifat senyawa organik di bidang pariwisata
3.12 Mendeskripsikan additive agent (bahan tambahan) di bidang pariwisata
Additive agent (bahan tambahan) Mengamati
• Membaca/mempelajari mengenai additive agent (bahan tambahan)
• Di lingkungan sekitar mengenai additive agent (bahan tambahan)
• Mengamati additive agent (bahan tambahan)
Menanya
• Mengajukan pertanyaan tentang additive agent
Eksperimen/eksplorasi
• Melakukan kajian pustaka mengenai additive agent (bahan tambahan)
• Melakukan percobaan yang berkaitan dengan additive agent (bahan tambahan)
Asosiasi
• Mengolah data, menginterpretasikan, menyajikan data hasil percobaan mengenai additive agent (bahan tambahan)
• Mendiskusikan materi mengenai additive agent (bahan tambahan)
Komunikasi
• Mempresentasikan hasil diskusi /percobaan
Observasi
Lembar pengamatan sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya, mengeksplorasi/
eksperimen, mengasosiasi,mengkomunikasikan)
Portofolio
Laporan tertulis kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi
Tes
• Tes tertulis mengenai penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur
• Tes unjuk kerja 3 x 2 JP Sumber:
• Bahan-bahan senyawa organik di bidang pariwisata
• Alat untuk melakukan percobaan
• Referensi yang terkait
4.12 Melakukan percobaan sederhana untuk membuktikan dampak penggunaan additive agent
3.13 Mendiskripsikan komponen ekosistem, pencemaran dan dampaknya bagi makhluk hidup di bidang pariwisata
Penanganan Limbah
Mengamati
• Berbagai sifat, jenis limbah dan dampaknya terhadap lingkungan berdasarkan referensi
• Limbah di sekitar sekolah atau di lingkungan sekitar.
Menanya
• Mengajukan pertanyaan tentang jenis limbah
• Mengajukan pertanyaan tentang sifat-sifat limbah
• Mengajukan pertanyaan tentang upaya-upaya penanganan limbah
Eksperimen/eksplorasi
• Melakukan kajian pustaka mengenai komponen ekosistem, pencemaran dan dampaknya bagi makhluk hidup
• Melakukan kajian pustaka mengenai penanganan limbah untuk mengurangi pencemaran lingkungan
• Melakukan percobaan untuk menangani limbah secara sederhana yang ada di sekitar sekolah
Asosiasi
• Mengolah data, menginterpretasikan, menyajikan data hasil percobaan penangan limbah
• Mendiskusikan materi mengenai komponen ekosistem, pencemaran dan dampaknya bagi makhluk hidup
Komunikasi
• Mempresentasikan hasil diskusi/percobaan. Observasi
Lembar pengamatan sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya, mengeksplorasi/
eksperimen, mengasosiasi,mengkomunikasikan)
Portofolio
Laporan tertulis kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi
Tes
• Tes tertulis mengenai penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur
• Tes unjuk kerja 3 x 2 JP Sumber:
• Limbah yang terdapat di sekitar sek
• Alat untuk melakukan percobaan
• Referensi yang tlaherkait
4.13 Melakukan usaha penanganan limbah untuk mengurangi pencemaran lingkungan di bidang pariwisata
x
Komentar
Posting Komentar