Silabus IPA kelas VII semester ganjil 2019/2020


Mata Pelajaran       : IPA
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 2 Lahat Selatan
Kelas/Semester       : VII/ Ganjil
Tahun Pelajaran    : 2019/2020

Kompetensi Inti:
1. Menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Penilaian
4.1   Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
Objek Ilmu Pengetahuan Alam dan pengamatannya
·         Pengukuran
·         Besaran Pokok dan Turunan
·         Satuan baku dan tak baku
3.1.1       Menjelaskan 3 keterampilan proses penyelidikan IPA PG
3.1.2       Menjelaskan Kegunaan mempelajari IPA
3.1.3       Meyebutkan objek yang di pelajari IPA
3.1.4       Menjelaskan pengertian pengukuran
3.1.5       Menyebutkan hal yang dapat di ukur (bukan besaran
3.1.6       Membandingkan satuan baku dan tidak baku
3.1.7       Memahami kegunaan satuan baku dalam pengukuran
3.1.8       Mengkonversi satuan dalam SI (Sistem Internasional)
3.1.9       Menjelaskan pengertian besaran pokok
3.1.10   Menyebutkan macam-macam besaran pokok beserta satuanya
3.1.11   Menjelaskan pengertian besaran turunan
3.1.12   Menyebutkan macam-macam besaran turunan beserta satuanya
4.1.1       Menyajikan hasil pengamatan, inferensi, dan mengkomunikasikan hasil
4.1.2       Melakukan pengukuran dengan satuan baku
4.1.3       Melakukan pengukuran besaran-besaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari
4.1.4       Melakukan pengukuran besaran-besaran turunan sederhana yang sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari
      Mengamati diri teman, serta benda-benda yang ada di sekitar untuk warna rambut, warna kulit
      Mengukur panjang dengan hasil bersatuan baku dan tak baku,untuk menemukan pentingnya satuan baku dalam pengukuran
      Mengumpulkan mengenai berbagai besaran pokok dan turunan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya panjang benda, massa jenis, energi, frekuensi denyut nadi, konsentrasi larutan, laju pertumbuhan tanaman, dan lain-lain.
      Melakukan percobaan mengukur besaran panjang, massa, dan waktu menggunakan alat ukur baku dan tak baku untuk mendapatkan konsep satuan baku dan tak baku
      Menyajikan hasil tentang pengukuran dengan alat ukur dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman
15 JP
©  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
©  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
·         Lisan
·         Tertulis
·         Penugasan
·         Unjuk kerja
·         Portofolio

3.2   Mengklasififikasi makhluk Hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati
4.2   Menyajikan hasil pengklasIfikasia makhluk hidup dan benda di lingkungan sekita berdasarkan karakteristik yang diamati
Klasifikasi
·     Makhluk hidup dan benda tak hidup
·     Ciri-ciri makhluk hidup    
·     Klasifikasi makhluk hidup
·     Pengenalan mikroskop   
3.2.1          Peserta Didik dapat menyajikan hasil pengamatan,mengidentifikasi, dan mengomunikasikan hasil observasinya.
3.2.2          Peserta Didik dapat menjelaskan benda- benda di sekitar yang bersifat alamiah.
3.2.3          Peserta Didik dapat menjelaskan benda- benda di sekitar yang bersifat buatan manusia.
3.2.4          Peserta Didik dapat menjelaskan benda- benda yang bersifat kompleks dan bersifat sederhana
3.2.5          Peserta Didik dapat menjelaskan kegunaan dari berbagai jenis benda di sekitar.
3.2.6          Peserta Didik dapat melakukan pengamatan terhadap makhluk hidup dan benda tak hidup.
3.2.7          Peserta Didik dapat menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup.
3.2.8          Peserta Didik dapat menjelaskan perbedaan makhluk hidup dengan benda tak hidup.
3.2.9          Peserta Didik dapat melakukan pengamatan terhadap berbagai makhluk hidup di sekitarnya.
3.2.10      Menyebutkan macam-macam besaran turunan beserta satuan
3.2.11      Peserta Didik dapat mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan  prinsip klasifikasi.
4.2.1          Mengamati manusia, tumbuhan,hewan, dan benda di lingkungan sekitar, gejala-gejala kehidupan yang menunjuk ciri-ciri mahluk hidup serta penglompokkannya dengan indera dan dengan bantuan mikroskop
4.2.2          Mengidentifikasi makhluk dan benda-benda yang ada di lingkungan sekitar
4.2.3          Mengumpulkan mengenai klasifikasi makhluk hidup berdasarkan persamaan ciri yang misalnya kelompok monera, protista, fungi, plantae, dan animalia.
4.2.4          Menyajikan hasil mengklasifikasi makhluk hidup dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman
      Mengamati manusia, tumbuhan, hewan, dan benda di lingkungan sekitar, gejala-gejala kehidupan yang menunjuk ciri-ciri mahluk hidup serta penglompokkannya dengan indera dan dengan bantuan mikroskop
      Mengidentifikasi makhluk dan benda-benda yang ada di lingkungan sekitar
      Mengumpulkan mengenai klasifikasi makhluk hidup berdasarkan persamaan ciri yang misalnya kelompok monera, protista, fungi, plantae, dan animalia
      Menyajikan hasil mengklasifikasi makhluk hidup dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman

15 JP
©  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
©  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
·         Lisan
·         Tertulis
·         Penugasan
·         Unjuk kerja
·         Portofolio

3.3   Menjelaskan konsep campuran dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari
4.3   Menyajikan hasil penyelidikan atau karya tentang sifat larutan, perubahan fisika dan perubahan kimia, atau pemisahan campuran
Zat dan Karakteristiknya
·     Zat Padat, Cair  dan Gas       
·     Unsur Senyawa, dan Campuran .
·     Sifat fisika dan kimia               
·     Perubahan fisika dan kimia    
3.3.1          Menggolongkan karakteristik materi.
3.3.2          Menjelaskan perbedaan unsur, senyawa, dan campuran.
3.3.3          Menjelaskan metode pemisahan  campuran.
3.3.4          Menjelaskan sifat fisika dan sifat kimia.
3.3.5          Mendeskripsikan perubahan fisika dan perubahan kimia.
4.3.1          Melakukan pemindaian karakteristik zat (padat, cair, dan gas) serta mengumpulkan informasi mengenai unsur, senyawa, dan campuran
4.3.2          Melakukan pengukuran asam, basa, dan garam menggunakan indikator buatan dan alami
4.3.3          Melakukan percobaan pemisahan campuran, misalnya melalui penyulingan, kromatografi
4.3.4          Menyajikan hasil sifat fisika dan kehidupan sehari-hari dan mendiskusikannya dengan Teman
      Mengamati berbagai benda dalam kehidupan sehari-hari yang dan mengalami perubahan,misalnya air menjadi es, es menjadi kimia air, air menjadi uap kertas dibakar menjadi abu,besi berkarat, makanan menjadi basi, dll
      Melakukan pemindaian karakteristik zat (padat, cair, dan gas) serta mengumpulkan informasi mengenai unsur, senyawa, dan campuran
      Melakukan pengukuran asam, basa, dan garam menggunakan indikator buatan dan alami
      Melakukan percobaan pemisahan campuran, misalnya melalui penyulingan, kromatografi, man
      Menyajikan hasil sifat fisika dan kehidupan sehari-hari dan mendiskusikannya dengan Teman
15 JP
©  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
©  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
·         Lisan
·         Tertulis
·         Penugasan
·         Unjuk kerja
·         Portofolio

3.4   Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan


4.4   Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor


Suhu dan Kalor
·     Suhu
·     Alat pengukur suhu                   
·     Pemuaian Kalor
·     Perpindahan kalor                     
·     Kestabilan suhu tubuh makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari
3.4.1          Menjelaskan definisi suhu.
3.4.2          Menjelaskan berbagai jenis termometer.
3.4.3          Menentukan skala suhu dengan melakukan pengukuran suhu dengan menggunakan thermometer.
3.4.4          Menentukan skala thermometer tak berskala dengan membandingkan dengan temometer berskala.
3.4.5          Menjelaskan definisi pemuaian.

4.4.1          Mengamati peristiwa kehidupan sehari-hari yang terkait dengan perubahan wujud benda setelah menerima atau melepas kalor
4.4.2          Melakukan percobaan mengukur suhu benda menggunakan thermometer serta menyelidiki pemuaian pada benda padat, cair, dan gas
4.4.3          Melakukan percobaan menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi
4.4.4          Mengumpulkan mengenai berbagai upaya menjaga kestabilan suhu tubuh makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari
4.4.5          Menyajikan hasil dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman
·     Mengamati peristiwa kehidupan sehari-hari yang terkait dengan perubahan wujud benda setelah menerima atau melepas kalor
·     Melakukan percobaan mengukur suhu benda menggunakan thermometer serta menyelidiki pemuaian pada benda padat, cair, dan gas
·     Melakukan percobaan menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor secara konduksi, konveksi, dan radias
·     Mengumpulkan mengenai berbagai upaya menjaga kestabilan suhu tubuh makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari
·     Menyajikan hasil dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman
15 JP
©  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
©  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
·         Lisan
·         Tertulis
·         Penugasan
·         Unjuk kerja
·         Portofolio

3.5   Menganalisis konsep energi, berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis

4.5   Menyajikan hasil percobaan tentang perubahan bentuk energi termasuk fotosintesis

Energi
·     Bentuk-bentuk energy              
·     Sumber energi
·     Perubahan bentuk energi         
·     Transformasi energi dalam sel 
·     Fotosintesis
·     Respirasi
3.5.1          Menjelaskan konsep 3 energi dan sumber-sumber energy.
3.5.2          Menjelaskan perubahan energy yang terjadi di alam dan di tubuh.
3.5.3          Menjelaskan konsep fotosintesis.
3.5.4          Peserta didik memilki keterempilan melalui kegiatan hasil praktikum fotosintesis.

4.5.1          Mengamati berbagai manusia dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan penggunaan energi  dan kriteria energy
4.5.2          Meyelidiki sumber perubahan bentuk energi serta mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi besarnya energi potensial dan energi kinetik melalui percobaan
4.5.3          Mengumpulkan mengenai perpindahan enegi dalam sel serta melakukan percobaan fotosintesis dan mengukur laju respirasi hewan hubungannya dengan berat badan
4.5.4          Menyajikan hasil perubahan bentuk energi  dan percobaan fotosintesis dan respirasi dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikanya dengan teman.
·     Mengamati berbagai manusia dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan penggunaan energi  dan kri energi
·     Meyelidiki sumber perubahan bentuk energi serta mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi besarnya energi potensial dan energi kinetik melalui percoBaan
·     Mengumpulkan mengenai perpindahan enegi dalam sel serta melakukan percobaan fotosintesis dan mengukur laju respirasi hewan hubungannya dengan berat badan
·     Menyajikan hasil perubahan bentuk energi  dan percobaan fotosintesis dan respirasi dalam bentuk laporan tertulis dan mendi skusikannya dengan tema
15 JP
©  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
©  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
·         Lisan
·         Tertulis
·         Penugasan
·         Unjuk kerja
·         Portofolio

3.6   Mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme dan komposisi utama penyusun sel
4.6   Membuat model struktur sel tumbuhan/hewan
Sistem Organisasi Kehidupan
·     Sel
·     Jaringan
·     Organ
·     Sistem organ
·     Organisme
3.6.1          Menjelaskan konsep 3 energi dan sumber-sumber energy.
3.6.2          Menjelaskan perubahan energy yang terjadi di alam dan di tubuh.
3.6.3          Menjelaskan konsep fotosintesis.
3.6.4          Peserta didik memilki keterempilan melalui kegiatan hasil praktikum fotosintesis.
4.6.1          Mengamati berbagai manusia dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan penggunaan energi  dan kriteria energy
4.6.2          Meyelidiki sumber perubahan bentuk energi serta mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi besarnya energi potensial dan energi kinetik melalui percobaan
4.6.3          Mengumpulkan mengenai perpindahan enegi dalam sel serta melakukan percobaan fotosintesis dan mengukur laju respirasi hewan hubungannya dengan berat badan
4.6.4          Menyajikan hasil perubahan bentuk energi  dan percobaan fotosintesis dan respirasi dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikanya dengan teman.
·     Mengamati torso atau organ tubuh bagian dalam dari ikan/katak/ burung/ Kadal
·     Mengindetifikasi antara sel, jaringan, organ, dan sistem organ pada  hewan dan tumbuhan melalui pengamatan mikroskopik dan Makroskopik
·     Membuat model hewan atau tumbuhan menggunakan bahan yang mudah  didapat di lingkungan sekitar dan mendiskusikan hasilnya
15 JP
©  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
©  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·      Lisan
·      Tertulis
·      Penugasan
·      Unjuk Kerja
·      Produk
·      Portofolio



Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 2 Lahat Selatan





Hasperi Susanto, S.Pd., MM.
NIP. 19800324 200903 1 002
Lahat,  Juli 2019
Guru Mata Pelajaran





Marleny, M.Pd
NIP. 19850317 201001 2 016


Komentar

Postingan Populer