Silabus IPA kelas VII semester ganjil 2019/2020
Mata Pelajaran : IPA
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 2 Lahat
Selatan
Kelas/Semester : VII/ Ganjil
Tahun Pelajaran : 2019/2020
Kompetensi
Inti:
1. Menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
4.1
Menyajikan
data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk
hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan
satuan baku
|
Objek Ilmu
Pengetahuan Alam dan pengamatannya
·
Pengukuran
·
Besaran Pokok dan
Turunan
·
Satuan baku dan tak
baku
|
3.1.1
Menjelaskan
3 keterampilan proses penyelidikan IPA PG
3.1.2
Menjelaskan
Kegunaan mempelajari IPA
3.1.3
Meyebutkan
objek yang di pelajari IPA
3.1.4
Menjelaskan
pengertian pengukuran
3.1.5
Menyebutkan
hal yang dapat di ukur (bukan besaran
3.1.6
Membandingkan
satuan baku dan tidak baku
3.1.7
Memahami
kegunaan satuan baku dalam pengukuran
3.1.8
Mengkonversi
satuan dalam SI (Sistem Internasional)
3.1.9
Menjelaskan
pengertian besaran pokok
3.1.10
Menyebutkan
macam-macam besaran pokok beserta satuanya
3.1.11
Menjelaskan
pengertian besaran turunan
3.1.12
Menyebutkan
macam-macam besaran turunan beserta satuanya
4.1.1
Menyajikan
hasil pengamatan, inferensi, dan mengkomunikasikan hasil
4.1.2
Melakukan
pengukuran dengan satuan baku
4.1.3
Melakukan
pengukuran besaran-besaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering
di jumpai dalam kehidupan sehari-hari
4.1.4
Melakukan
pengukuran besaran-besaran turunan sederhana yang sering di jumpai dalam
kehidupan sehari-hari
|
•
Mengamati diri teman,
serta benda-benda yang ada di sekitar untuk warna rambut, warna kulit
•
Mengukur panjang
dengan hasil bersatuan baku dan tak baku,untuk menemukan pentingnya satuan
baku dalam pengukuran
•
Mengumpulkan
mengenai berbagai besaran pokok dan turunan yang dijumpai dalam kehidupan
sehari-hari, misalnya panjang benda, massa jenis, energi, frekuensi denyut
nadi, konsentrasi larutan, laju pertumbuhan tanaman, dan lain-lain.
•
Melakukan percobaan
mengukur besaran panjang, massa, dan waktu menggunakan alat ukur baku dan tak
baku untuk mendapatkan konsep satuan baku dan tak baku
•
Menyajikan hasil
tentang pengukuran dengan alat ukur dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman
|
15 JP
|
© Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran IPA.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
© Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran IPA. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
|
·
Lisan
·
Tertulis
·
Penugasan
·
Unjuk kerja
·
Portofolio
|
3.2
Mengklasififikasi
makhluk Hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati
4.2
Menyajikan hasil pengklasIfikasia
makhluk hidup dan benda di lingkungan sekita berdasarkan karakteristik yang
diamati
|
Klasifikasi
· Makhluk
hidup dan benda tak hidup
· Ciri-ciri
makhluk hidup
· Klasifikasi
makhluk hidup
· Pengenalan
mikroskop
|
3.2.1
Peserta
Didik dapat menyajikan hasil pengamatan,mengidentifikasi, dan
mengomunikasikan hasil observasinya.
3.2.2
Peserta
Didik dapat menjelaskan benda- benda di sekitar yang bersifat alamiah.
3.2.3
Peserta
Didik dapat menjelaskan benda- benda di sekitar yang bersifat buatan manusia.
3.2.4
Peserta
Didik dapat menjelaskan benda- benda yang bersifat kompleks dan bersifat
sederhana
3.2.5
Peserta
Didik dapat menjelaskan kegunaan dari berbagai jenis benda di sekitar.
3.2.6
Peserta
Didik dapat melakukan pengamatan terhadap makhluk hidup dan benda tak hidup.
3.2.7
Peserta
Didik dapat menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup.
3.2.8
Peserta
Didik dapat menjelaskan perbedaan makhluk hidup dengan benda tak hidup.
3.2.9
Peserta
Didik dapat melakukan pengamatan terhadap berbagai makhluk hidup di
sekitarnya.
3.2.10
Menyebutkan
macam-macam besaran turunan beserta satuan
3.2.11
Peserta
Didik dapat mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi.
4.2.1
Mengamati manusia, tumbuhan,hewan, dan benda di lingkungan
sekitar, gejala-gejala kehidupan yang menunjuk ciri-ciri mahluk hidup serta
penglompokkannya dengan indera dan dengan bantuan mikroskop
4.2.2
Mengidentifikasi makhluk dan benda-benda yang ada di
lingkungan sekitar
4.2.3
Mengumpulkan mengenai klasifikasi makhluk hidup
berdasarkan persamaan ciri yang misalnya kelompok monera, protista, fungi,
plantae, dan animalia.
4.2.4
Menyajikan hasil mengklasifikasi makhluk hidup dalam
bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman
|
•
Mengamati manusia,
tumbuhan,
hewan, dan benda di lingkungan sekitar, gejala-gejala
kehidupan yang menunjuk ciri-ciri mahluk hidup serta penglompokkannya dengan
indera dan dengan bantuan mikroskop
•
Mengidentifikasi
makhluk dan benda-benda yang ada di lingkungan sekitar
•
Mengumpulkan
mengenai klasifikasi makhluk hidup berdasarkan persamaan ciri yang misalnya kelompok monera, protista,
fungi, plantae, dan animalia
•
Menyajikan hasil
mengklasifikasi makhluk hidup dalam bentuk laporan tertulis dan
mendiskusikannya dengan teman
|
15 JP
|
© Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata
Pelajaran IPA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
© Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata
Pelajaran IPA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
|
·
Lisan
·
Tertulis
·
Penugasan
·
Unjuk kerja
·
Portofolio
|
3.3
Menjelaskan
konsep campuran dan
zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika dan
kimia dalam kehidupan sehari-hari
4.3
Menyajikan
hasil penyelidikan atau karya tentang sifat larutan, perubahan fisika dan
perubahan kimia, atau pemisahan campuran
|
Zat dan Karakteristiknya
· Zat
Padat, Cair dan Gas
· Unsur
Senyawa, dan Campuran .
· Sifat
fisika dan kimia
· Perubahan
fisika dan kimia
|
3.3.1
Menggolongkan karakteristik materi.
3.3.2
Menjelaskan perbedaan unsur, senyawa, dan campuran.
3.3.3
Menjelaskan metode pemisahan campuran.
3.3.4
Menjelaskan sifat fisika dan sifat kimia.
3.3.5
Mendeskripsikan perubahan fisika dan perubahan kimia.
4.3.1
Melakukan pemindaian karakteristik zat (padat, cair,
dan gas) serta mengumpulkan informasi mengenai unsur, senyawa, dan campuran
4.3.2
Melakukan pengukuran asam, basa, dan garam
menggunakan indikator buatan dan alami
4.3.3
Melakukan percobaan pemisahan campuran, misalnya
melalui penyulingan, kromatografi
4.3.4
Menyajikan hasil sifat fisika dan kehidupan sehari-hari
dan mendiskusikannya dengan Teman
|
•
Mengamati berbagai
benda dalam kehidupan sehari-hari yang dan mengalami perubahan,misalnya air
menjadi es, es menjadi kimia air, air menjadi
uap kertas dibakar menjadi abu,besi berkarat, makanan menjadi basi, dll
•
Melakukan
pemindaian karakteristik zat (padat, cair, dan gas) serta
mengumpulkan informasi mengenai unsur, senyawa, dan campuran
•
Melakukan
pengukuran asam, basa, dan garam menggunakan indikator buatan dan
alami
•
Melakukan percobaan
pemisahan campuran, misalnya melalui penyulingan, kromatografi, man
•
Menyajikan hasil
sifat fisika dan kehidupan sehari-hari dan mendiskusikannya dengan Teman
|
15 JP
|
© Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata
Pelajaran IPA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
© Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata
Pelajaran IPA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
|
·
Lisan
·
Tertulis
·
Penugasan
·
Unjuk kerja
·
Portofolio
|
3.4
Menganalisis
konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada
manusia dan hewan
4.4
Melakukan
percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda
serta perpindahan kalor
|
Suhu dan Kalor
· Suhu
· Alat
pengukur suhu
· Pemuaian Kalor
· Perpindahan
kalor
· Kestabilan
suhu tubuh makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari
|
3.4.1
Menjelaskan definisi suhu.
3.4.2
Menjelaskan berbagai
jenis termometer.
3.4.3
Menentukan
skala suhu dengan melakukan
pengukuran suhu dengan menggunakan
thermometer.
3.4.4
Menentukan
skala thermometer tak berskala dengan membandingkan dengan temometer berskala.
3.4.5
Menjelaskan definisi pemuaian.
4.4.1
Mengamati peristiwa kehidupan
sehari-hari yang terkait dengan perubahan wujud benda setelah menerima atau
melepas kalor
4.4.2
Melakukan
percobaan mengukur suhu benda menggunakan thermometer serta menyelidiki
pemuaian pada benda padat, cair, dan gas
4.4.3
Melakukan
percobaan menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda
serta perpindahan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi
4.4.4
Mengumpulkan
mengenai berbagai upaya menjaga kestabilan suhu tubuh makhluk hidup dalam
kehidupan sehari-hari
4.4.5
Menyajikan
hasil dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman
|
· Mengamati peristiwa kehidupan
sehari-hari yang terkait dengan perubahan wujud benda setelah menerima atau
melepas kalor
· Melakukan percobaan
mengukur suhu benda menggunakan thermometer serta menyelidiki pemuaian pada
benda padat, cair, dan gas
· Melakukan percobaan
menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda serta
perpindahan kalor secara konduksi, konveksi, dan radias
· Mengumpulkan mengenai
berbagai upaya menjaga kestabilan suhu tubuh makhluk hidup dalam kehidupan
sehari-hari
· Menyajikan hasil dalam
bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman
|
15 JP
|
© Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata
Pelajaran IPA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
© Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata
Pelajaran IPA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
|
·
Lisan
·
Tertulis
·
Penugasan
·
Unjuk kerja
·
Portofolio
|
3.5
Menganalisis
konsep energi, berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam
kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis
4.5
Menyajikan
hasil percobaan tentang perubahan bentuk energi termasuk fotosintesis
|
Energi
· Bentuk-bentuk
energy
· Sumber
energi
· Perubahan
bentuk energi
· Transformasi
energi dalam sel
· Fotosintesis
· Respirasi
|
3.5.1
Menjelaskan
konsep 3 energi dan sumber-sumber energy.
3.5.2
Menjelaskan
perubahan energy yang terjadi di alam dan di tubuh.
3.5.3
Menjelaskan
konsep fotosintesis.
3.5.4
Peserta
didik memilki keterempilan melalui kegiatan hasil praktikum fotosintesis.
4.5.1
Mengamati berbagai manusia dalam kehidupan sehari-hari
yang terkait dengan penggunaan energi
dan kriteria energy
4.5.2
Meyelidiki
sumber perubahan bentuk energi serta mengidentifikasi faktor yang
mempengaruhi besarnya energi potensial dan energi kinetik melalui percobaan
4.5.3
Mengumpulkan
mengenai perpindahan enegi dalam sel serta melakukan percobaan fotosintesis
dan mengukur laju respirasi hewan hubungannya dengan berat badan
4.5.4
Menyajikan
hasil perubahan bentuk energi dan
percobaan fotosintesis dan respirasi dalam bentuk laporan tertulis dan
mendiskusikanya dengan teman.
|
· Mengamati berbagai
manusia dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan penggunaan
energi dan kri energi
· Meyelidiki sumber
perubahan bentuk energi serta mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi
besarnya energi potensial dan energi kinetik melalui percoBaan
· Mengumpulkan mengenai
perpindahan enegi dalam sel serta melakukan percobaan fotosintesis dan
mengukur laju respirasi hewan hubungannya dengan berat badan
· Menyajikan hasil
perubahan bentuk energi dan percobaan
fotosintesis dan respirasi dalam bentuk laporan tertulis dan mendi
skusikannya dengan tema
|
15 JP
|
© Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata
Pelajaran IPA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
© Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata
Pelajaran IPA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
|
·
Lisan
·
Tertulis
·
Penugasan
·
Unjuk kerja
·
Portofolio
|
3.6 Mengidentifikasi sistem organisasi
kehidupan mulai
dari tingkat sel
sampai organisme dan komposisi
utama penyusun
sel
4.6
Membuat
model struktur sel tumbuhan/hewan
|
Sistem Organisasi Kehidupan
· Sel
· Jaringan
· Organ
· Sistem
organ
· Organisme
|
3.6.1
Menjelaskan konsep 3 energi dan sumber-sumber energy.
3.6.2
Menjelaskan perubahan energy yang terjadi di alam dan di tubuh.
3.6.3
Menjelaskan konsep fotosintesis.
3.6.4
Peserta didik memilki keterempilan melalui kegiatan hasil
praktikum fotosintesis.
4.6.1
Mengamati berbagai manusia dalam kehidupan sehari-hari yang
terkait dengan penggunaan energi dan
kriteria energy
4.6.2
Meyelidiki sumber perubahan bentuk energi serta mengidentifikasi
faktor yang mempengaruhi besarnya energi potensial dan energi kinetik melalui
percobaan
4.6.3
Mengumpulkan mengenai perpindahan enegi dalam sel serta
melakukan percobaan fotosintesis dan mengukur laju respirasi hewan
hubungannya dengan berat badan
4.6.4
Menyajikan hasil perubahan bentuk energi dan percobaan fotosintesis dan respirasi
dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikanya dengan teman.
|
· Mengamati torso atau
organ tubuh bagian dalam dari ikan/katak/ burung/ Kadal
· Mengindetifikasi
antara sel, jaringan, organ, dan sistem organ pada hewan dan tumbuhan melalui pengamatan
mikroskopik dan Makroskopik
· Membuat model hewan
atau tumbuhan menggunakan bahan yang mudah
didapat di lingkungan sekitar dan mendiskusikan hasilnya
|
15 JP
|
© Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata
Pelajaran IPA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
© Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata
Pelajaran IPA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
|
· Lisan
· Tertulis
· Penugasan
· Unjuk Kerja
· Produk
· Portofolio
|
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 2 Lahat Selatan
Hasperi Susanto, S.Pd.,
MM.
NIP. 19800324 200903 1 002
|
Lahat, Juli 2019
Guru Mata Pelajaran
Marleny, M.Pd
NIP. 19850317 201001 2 016
|
Komentar
Posting Komentar